Selamat datang di Blog KIM Wijaya Kusuma Kec Rowokangkung LUMAJANG

Jumat, 16 Maret 2012


Gebyar Cantingan, Ajang Mencari Jati Diri Batik Lumajang

Beritalumajang.com - Gebyar Pencanangan Batik Lumajangan (Cantingan) yang akan digelar Minggu (18/3) di KWT Lumajang bertujuan untuk mencari jati diri atau ciri khas terhadap motif batik yang ada di Kabupaten Lumajang, selain itu juga untuk menggiatkan masyarakat untuk mencintai batik produksi Lumajang.


Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Lumajang, Drs Eddy Hozayni kepada Beritalumajang.com mengatakan Kegiatan Gebyar Cantingan ini merupakan upaya prospektif masyarakat Lumajang yang bergerak dibidang kerajinan batik.

"Kegiatan ini akan diikuti lebih dari 200 pengrajin dan pengusaha batik yang ada di Kabupaten Lumajang, mereka nantinya akan mendemontrasikan proses membatik mulai dari awal sampai proses finishing yang akan di tuangkan diatas kain sepanjang 300 meter," kata Eddy Hozayni, Jum'at (16/3).

Dengan kegiatan ini, Eddy Hozayni menambahkan, diharapkan Kabupaten LUmajang dapat menemukan ciri khas terhadap motif batik yang dapat menunjukkan bahwa batik tersebut berasal dari Lumajang.

"Salah satu tujuan gebyar Cantingan ini adalah untuk mencari motif batik berkarakter yang bisa menjadi ciri khas batik Lumajang, mudah-mudahan setelah kegiatan ini dapat ditemukan ciri khas motif batik yang bisa menjadi iconnya Lumajang," tambah Eddy Hozayni.

Namun yang pasti, digelarnya gebyar cantingan ini merupakan wujud kepedulian pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat khususnya para pengrajin batik di Kabupaten Lumajang. "Selain itu, kegiatan ini merupakan keinginan kita bersama untuk memberikan variasi terhadap upaya peningkatan pariwisata di Kabupaten Lumajang," ujar Eddy Hozayni.

Sementara itu pada kesempatan terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Lumajang, Drs Gawat Sudarmanto mengatakan sampai saat ini persiapan mengadakan gebyar Cantingan ini sudah final tinggal pelaksanaannya saja.

"Peserta yang akan mengikuti acara ini sebanyak 217 orang pengrajin batik lokal Lumajang dan 225 orang pelajar dari sejumlah sekolah se-Kabupaten Lumajang, selain itu dalam kegiatan ini nantinya akan diisi acara Fashion batik, pameran batik, Jaran Kencak dan Tari Kopyah," kata Gawat Sudarmanto.

Disamping itu, pada gebyar batik ini akan diadakan pemilihan putra-putri batik Lumajang yang akan diikuti oleh para pelajar se-Kabupaten Lumajang dan terbagi dalam tiga tingkatan yaitu Paud/TK, SD dan SMP/SMA.

Disinggung tentang kehadiran Gubernur Jatim dalam acara tersebut, Gawat Sudarmanto menyatakan, Gubernur tidak jadi hadir karena ada kegiatan lain. "Namun yang pasti acara ini akan dibuka oleh Bupati dan Wabup Lumajang," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar